Friday, February 20, 2009

Teknik Lontaran

Rekan Mancing Mania [MM], seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya bahwa banyak faktor yang bisa menyebabkan kita tidak mendapatkan hasil maksimal saat memancing. Sekarang kita membahas tentang teknik lemparan / lontaran saat memancing.
Teknik ini khusus ditujukan buat rekan MM yang menggunakan teknik memancing pancing tanpa pelampung. Lontaran harus jatuh pada titik yang kita inginkan. Lontaran yang mengarah sembarangan itu seperti mengoper bola ke arah yang tiada seorang temanpun yang menyambut.
Mula-mula atur pengangan tangan tepat pada gagang joran di mana ril duduk. Buka kawat pengaman ril (Bail Arm) dan tahan benang dengan jari telunjuk. Pegang joran tegak lurus searah badan, arahkan mata ke titik tempat jatuhnya umpan. Gerakkan joran dengan gerakan siku ke arah depan hingga benang tegak lurus dengan air, lalu ayunkan umpan ke arah belakang.
Bila ragu , gerakkan joran kembali kedepan. Kembali ayunkan umpan ke belakang dengan menggerakkan joran lurus dengan kepala. Saat umpan terayun ke belakang, lontarkan umpan bersamaan dengan arah balik ayunan umpan ke depan dengan gaya seperti menyabet dengan joran, jangan lupa melepas kenur yang tadi anda tahan dengan jari. Bila gerakan dilakukan secara benar maka kita tak akan kecewa dengan hasil lontaran.
Untuk lemparan yang dekat kita cukup mengayunkan umpan saja tanpa sabetan joran, kemudian arahkan umpan ke tempat yang di tuju.
Tempat-tempat yang cocok dijadikan titik potensial (hotspot) untuk lemparan tergantung dari jenis dan karakteristik ikan. Untuk itu akan saya bahas di http://beritapancing.blogspot.com/
Namun secara umum titik potensial lontaran seperti; tempat terdalam pada bagian empang / sungai, daerah kolam pada pertengahan yang terdapat pancuran air, daerah kolam pada tempat masuk atau keluarnya air juga daerah di mana terdapat patok penyangga pipa pancuran air.
Pinggir kolam / sungai yang dasarnya menjorok ke daratan atau yang banyak tanaman rambat yang menjuntai ke air. Dan masih banyak lagi ciri-ciri tempat yang baik untuk dijadikan sasaran lontaran.

1 comment:

  1. Thanks infonya jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2NXBPmQ

    ReplyDelete