Friday, February 20, 2009

Tentang Simpul Pancing

Rekan Mancing Mania [MM], sangat sering kita jumpai atau bahkan kita rasakan sendiri disaat ikan menyambar pancing kita dengan cepat, kita akan berusaha sebaik mungkin agar ikan tersebut dapat kita bawa naik ke permukaan dan tentunya masuk kedalam deretan sejarah rekor memancing kita.
Namun kenyataannya ikan tersebut tidak mengena di mata pancing, benangnya putus, tersangkut, atau bahkan ada yang terlepas. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, apakah benang yang kita pakai sudah lapuk atau memang tidak kuat, apakah kita terlalu cepat atau terlalu lambat menarik joran, apakah simpul yang kita gunakan tidak kuat, atau ikannya memang besar?
Sebagai seorang Mancing Mania [MM] kita selalu berasumsi bahwa ikan yang telah memakan pancing tersebut adalah ikan yang besar. Sehingga membuat kita memasang mata pancing yang baru dan melemparkannya ke sekitar ikan tersebut. Padahal belum tentu ikan tersebut besar, hal ini bisa terjadi karena salah satu dari faktor - faktor diatas.
Untuk itu perlu kita perhatikan secara detail tentang faktor - faktor yang akan menyebabkan kemungkinan ikan hasil pancingan tersebut tidak sampai ketangan kita dengan sempurna.
Dikesempatan ini saya akan membahas tentang simpul pancing.
Ada banyak cara untuk mengikat mata pancing, tergantung dengan selera dan kebiasaan rekan - rekan Mancing Mania [MM]. Namun saya menyarankan agar rekan - rekan menyesuaikan simpul mata pancing dengan jenis benang yang digunakan. Ada jenis benang yang kasar dan ada yang halus.




Beberapa jenis simpul pancing yang sederhana, namun sangat kuat. Biasanya digunakan untuk jenis benang yang kasar.




Beberapa jenis simpul pancing yang sederhana, namun sangat kuat. Biasanya digunakan untuk benang halus.

1 comment: